Translate

Wednesday 20 September 2023

GEOGRAFI - Bumi kita

Bumi Kita





          Halo semua, seperti yang kita semua tahu, kita tinggal di planet ke 3 dari matahari di tata surya yaitu planet Bumi. Bumi adalah planet yang sangat unik, terdapat berbagai macam lingkungan dengan kondisi yang berbeda-beda di Bumi, hal ini disebabkan oleh susunan Bumi yang sedemikian rupa. Bagaimana sih susunan Bumi?? Mari kita bahas!


Iklim dan Garis Lintang Bumi




         Bumi memiliki sebuah garis khayal horizontal yang mengelilingi Bumi tepat di tengah, itulah yang disebut garis khatulistiwa atau ekuator. Berdasarkan garis inilah kita dapat mengetahui kondisi iklim di berbagai belahan Bumi. Misalnya, area yang paling dekat dengan garis khatulistiwa ( 0° -  23,5° LU ; 0° -  23,5° LS ) memiliki iklim tropis. Berikut contoh iklim di bumi

1. Tropis

 Daerah beriklim tropis memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan kemarau. Akibat musim hujan, di daerah tropis sering ditemukan hutan hujan tropis yang menjadi habitat banyak spesies langka. Daerah - daerah yang memiliki iklim tropis contohnya yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Brasil, Meksiko dan masih banyak lagi.

2. Subtropis

 Daerah beriklim subtropis memiliki 4 musim yaitu musim panas, semi, gugur dan dingin. Keadaan cuaca di daerah subtropis biasanya sangat berbeda setiap waktunya dalam setahun. Misalnya, pada saat bulan Desember cuaca akan sangat dingin hingga turun salju, namun saat bulan Juni akan menjadi sangat amat panas. Contoh negara yang beriklim subtropis adalah Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Australia, Jepang dan lain lain.

3. Sedang

Daerah beriklim sedang cenderung memiliki suhu yang dingin karena jauh dari garis ekuator. Namun, masih dapat dihuni manusia. Bioma iklim sedang didominasi oleh Taiga ( bioma dengan ciri utama hutan pohon daun runcing dan  biasanya tertutup salju ). Iklim sedang dimiliki oleh Russia bagian utara, Kanada, Alaska, dan beberapa wilayah Skandinavia.

4. Dingin

Bumi juga memiliki tempat yang selalu bersuhu dingin yaitu daerah beriklim dingin. Daerah ini tidak dapat dihuni manusia dan hanya hewan tertentu serta lumut yang mampu hidup di sini. Iklim dingin terdapat pada wilayah paling utara dan selatan Bumi, yaitu Kutub Utara ( Arktik ) dan Kutub Selatan ( Antartika ).


Bujur dan Zona Waktu



Selain garis lintang, Bumi juga memiliki garis Khayal vertikal yang disebut bujur. Bujur sendiri berguna untuk menentukan zona waktu di Bumi karena tentu saja masing masing wilayah di Bumi terkena pancaran Matahari di waktu yang berbeda beda karena bentuknya yang bulat.


Garis 0° bujur sendiri lurus dengan Greenwich di Inggris. Waktu setempat di Greenwich menjadi patokan internasional waktu bumi atau disebut GMT ( Greenwich mean time ). Tiap 15° bujur, waktu akan berbeda 1 jam dan terdapat 24 zona waktu di Bumi. Indonesia sendiri memiliki 3 zona waktu karena ada sekitar yaitu WIB ( GMT+7 ), WITA ( GMT+8 ) dan WIT ( GMT+9 ).



Benua

Benua sendiri merupakan suatu hamparan dataran kering yang luas serta menjadi 1 lempeng kerak Bumi dan biasanya masing masing dipisahkan oleh perairan. Bumi sendiri memiliki 7 benua yaitu Asia, Eropa, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia dan Antartika. Khusus untuk benua Asia dan Eropa tidak dipisahkan oleh perairan, namun kedua benua ini dipisah karena terdapat perbedaan budaya yang mencolok. 

Benua terbesar di dunia merupakan Asia. Dan yang terkecil adalah Australia. Satu satunya benua yang tak berpenghuni adalah Antartika karena cuacanya yang terlalu dingin. Lalu, mengapa Kutub utara bukanlah sebuah benua??? Karena kutub utara merupakan perairan yang membeku, sedangkan kutub selatan merupakan dataran yang membeku.



Sekian dari Post ini, ditunggu lagi post selanjutnya tentang Geografi.




 

0 comments:

Post a Comment