Translate

Wednesday 13 September 2023

SPORT - Apa sih asyiknya nonton bola???

 Apa asyiknya nonton bola??


          Sepak bola .... ya tentu kita semua pernah mendengarnya, salah satu olahraga paling populer di dunia. Banyak sekali orang yang menjadikan sepak bola sebagai tontonan dan topik favorit serta paling menarik untuk diikuti. Namun, mungkin beberapa orang yang belum tahu bertanya-tanya "apa ya asyiknya nonton bola? kok pada ketagihan?". Maka dari itu, sekarang mari kita bahas tentang hal tersebut. 


Klub dan Tim


Ya, seperti yang kita semua sudah mengerti, sepak bola adalah olahraga berkelompok yang dimainkan oleh 22 orang ( 11 vs 11 ). Dari pernyataan tersebut, otomatis di sepak bola akan terbentuk suatu tim. Tim sepak bola sendiri tidak hanya terdiri dari 11 orang pemain, namun sebuah tim dapat berisi lebih dari 11 pemain ( umumnya 20 - 40 orang ), juga terdapat pelatih dan asisten-asisten nya dan masih banyak lagi. Di sepak bola sendiri terdapat 2 jenis tim, yaitu tim nasional dan klub sepak bola. Tim nasional adalah tim yang berisi pemain pilihan yang di seleksi oleh negaranya masing - masing untuk bertanding di ajang internasional. Sedangkan, klub bekerja layaknya organisasi, pemain dan pelatih dari berbagai negara terkumpul dalam 1 klub yang terorganisir. Mari kita bahas mendalam 2 jenis tim sepak bola ini:


1. Tim Nasional










       Pertama, inilah tim nasional dalam sepak bola. Tim nasional lah yang bertanding di kompetisi Piala Dunia. Tim nasional diisi pemain pilihan dengan kewarganegaraan yang sama. Tim nasional memang tidak bermain sesering klub. Namun, yang ditunggu - tunggu para fans biasanya adalah berkumpulnya pemain-pemain hebat dari berbagai klub top kedalam satu 1 tim. Biasanya mereka juga memiliki gaya bermain dan filosofi yang sama. Tiap orang biasanya mendukung tim dari negaranya masing-masing. Namun, fans dari negara yang tidak memiliki tim sepak bola yang kuat akan mendukung negara negara yang kuat seperti Brasil, Argentina, Inggris, Prancis, Portugal dll. Para fans biasanya akan menunggu bagaimana performa pemain favorit mereka di timnas.


2. Klub sepak bola

         Klub adalah sorotan utama penggemar dalam menonton sepak bola. Inilah faktor kuat mengapa nonton sepak bola itu asyik. Secara teknis, suatu klub berisi pemain dari negara berbeda dan tentunya setiap klub memiliki filosofi yang berbeda beda pula. Terdapat banyak sekali klub di seluruh dunia, mungkin hingga ribuan. Fans sepak bola biasanya memiliki klub kesayangan masing masing. Nah, biasanya fans - fans ini akan selalu beradu dengan fans klub lain untuk memperjuangkan bahwa klub nya yang terbaik. Apalagi pada saat bertanding, segala perdebatan, cocoklogi dan sebagainya akan menjadi senjata dalam menyerang fans lawan. Contoh - contoh klub populer di dunia bola adalah Manchester united, Real Madrid. FC Barcelona, Manchester City, Liverpool FC, Arsenal, Chelsea, AC Milan dan masih sangat banyak lagi ( maaf bila klub favoritmu belum disebut 😇 ). Inilah asyiknya jadi suporter bola. 


Bursa Transfer

          Mungkin kata kata "bursa" seringkali ditemukan di ranah bisnis. Ternyata, di dunia sepak bola juga terdapat istilah "bursa transfer". Istilah ini merujuk pada waktu tertentu yang ditentukan asosiasi sepak bola tertinggi ( FIFA ) dimana seorang pemain dapat berpindah klub. Untuk mendatangkan pemain, klub sepak bola biasanya membayar sejumlah besar uang untuk klub yang saat itu memiliki sang pemain. Klub juga butuh kesepakatan personal dengan pemain tersebut dalam hal kontrak dan gaji. Namun, klub juga dapat membeli gratis seorang pemain jika kontrak pemain tersebut sudah habis / kadaluwarsa. Saat - saat inilah biasanya yang ditunggu para fans, entah apa yang akan terjadi, mungkin klub dukungannya akan membeli pemain yang diinginkan, atau sekedar menunggu transfer transfer fantastis yang dilakukan oleh klub top. Juga drama yang terjadi di bursa transfer selalu sayang kalau dilewatkan. Para fans biasanya juga akan menunggu para rekrutan bermain di klub, entah akan bagus lalu dicap berhasil, ataukah malah flop dan jadi lawakan sejagat. Bursa transfer hadir pada musim panas ( Juli - September ) dan bulan Januari. 

Neymar Jr. ( Barcelona > PSG ) eur 222.000.000



Pemain

   Sepak bola tentu tidak terlepas dari pemain itu sendiri. Setiap pemain sepak bola memiliki keunikannya masing-masing. Yang paling umum biasanya pemain dinilai dari performanya di lapangan. Yang tampil baik akan dipuja puja dan yang tidak terlalu baik bahkan bisa dibilang buruk akan jadi bahan tertawaan para fans. Lalu biasanya fans melihat kemampuan sang pemain di luar lapangan, sikap para pemain juga berbeda beda, ada yang sangat bengal, yang tingkahnya sangat konyol hingga yang murah senyum. Pemain pemain juga selalu diperebatkan mana yang terbaik dari yang lain. Inilah yang biasanya memicu pebicaraan antar fans. Entah yang analitis, impresionis ( kesan pertama ), memaksa saja atau hanya ikut ikutan.


Sekian beberapa penjelasan soal kemenarikan sepak bola. Sebenarnya sangat banyak namun inilah hal hal yang paling dasar dan umum. DIjamin tidak akan menyesal kalau sudah nonton. Terima kasih.⚽







 

0 comments:

Post a Comment