Translate

Tuesday 26 September 2023

SEJARAH - Roma : Ibukota dunia

Roma : Ibukota Dunia


 "Banyak jalan menuju Roma", kita semua pasti sudah tak asing dengan ungkapan tersebut. Peribahasa yang mengajarkan kita untuk tidak menyerah begitu saja. Namun kenapa harus "Roma"?. Sehebat apa kota Roma ini hingga mendunia? Mari kita bahas!

Roma sendiri merupakan kota yang terletak di negara Italia sekaligus menjadi ibukota Italia. Roma sering disebut sebut sebagai ibukota dunia, tentu ada alasannya. 

Kekaisaran Romawi



Jika mendengar kata Roma, mungkin memang tidak jauh dari Kekaisaran Romawi, sebuah bangsa yang sangat kuat yang sempat berjaya beberapa abad yang lalu. Nah, Roma sendiri merupakan ibukota dari Kekaisaran Romawi. Bangsa Romawi dianggap menjadi peradaban yang paling maju sepanjang sejarah Eropa, dan menjadi tempat kelahiran budaya barat. Kekaisaran ini sempat mencakup wilayah yang sangat luas dalam masa kejayaannya dan komando berada di kota Roma. Sehingga Roma menjadi salah satu kota paling maju dan hebat di masanya.

Beberapa peninggalan Kekaisaran Romawi juga masih berdiri di Roma hingga saat ini. Contoh yang paling terkenal adalah Colosseum yang menjadi arena pertarungan gladiator pada zaman kekaisaran, dari kemegahannya tentu dapat menunjukan betapa megahnya infrastruktur Roma zaman dahulu. Masih ada lagi, yaitu Aquaduk yang merupakan saluran air untuk rakyat Romawi pada zaman dahulu. Kemajuan pembangunan Roma sangat terlihat di sini karena untuk pertama kalinya dalam sejarah semen diciptakan dan digunakan untuk membangun bangunan yang megah.

Gereja Katolik Roma


Selain menjadi tempat salah satu peradaban terkuat manusia, Roma juga menjadi tempat berkembangnya salah satu agama terbesar di dunia, Gereja Katolik Roma. Kepercayaan yang dimulai dari Yesus Kristus ini berkembang di kota Roma. Awalnya, Kekaisaran menentang agama ini dan Gereja harus beroperasi secara diam-diam. Namun, pada abad ke 4, kaisar Konstantinus dibaptis menjadi pengikut Katolik dan melegalkan Katolik di Roma. Sejak saat itu pusat dari Gereja Katolik terletak di kota Roma, meskipun beberapa kali terpecah, Gereja Katolik Roma masih teguh berdiri dan mendunia serta masih memegang ajaran Yesus dan para rasul-Nya.

Saat ini, pusat pemerintahan Gereja Katolik terletak di Vatikan, negara yang terletak di tengah tengah kota Roma. Masih dipimpin oleh seorang Paus, penerus dari Rasul Petrus. Gereja Katolik sudah tersebar ke seluruh dunia dengan masih memegang prinsip "Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik".


Lanskap



Selain sejarahnya yang kuat, saat ini Roma adalah salah satu kota dengan arsitektur ter indah di Eropa. Banyak peninggalan kekaisaran yang masih berdiri dan menunjukan kehebatan arsitekturnya. Contohnya adalah Colosseum, Akuaduk dan Pantheon. Beberapa seniman terkenal pun pernah berkarya di Roma, salah satunya adalah Michelangelo, seniman patung yang sangat hebat dan membentuk beberapa karya terhebatnya di kota Roma. Suasana klasik kota Roma juga membuatnya semakin indah.



 . Dari beberapa fakta tersebut, tak heran lagi sehebat apa kota Roma hingga dijuluki ibukota dunia. Sekian dari post kali ini, sampai jumpa lagi.

0 comments:

Post a Comment